PERBEDAAN COTTON CARDED DAN COTTON COMBED

Bahan Cotton terbuat dari 100% serat kapas alami yang dipintal menjadi benang dan ditenun menjadi kain. Bahan cotton untuk kaos sendiri terbagi menjadi 2 yaitu: cotton carded dan cotton combed. Berikut ini perbedaan antara cotton carded dan cotton combed:

Cotton Carded:

Nama Cotton Carded berasal dari nama mesin pemintalannya yaitu mesin carding. Banyak orang mengatakan bahwa cotton carded belum melalui proses washing (proses pembersihan bahan kimia yang berasal dari proses pencelupan warna). Jenis kain ini cenderung agak kasar dan agak kaku. Hal ini dikarenakan kain cotton carded tersusun dari benang-benang yang berbulu dan masih mengandung serat-serat kapas yang pendek. Karena itu karakter kain cotton carded tersebut menjadi tidak selembut kain cotton combed.

Cotton carded seringkali menyusut setelah kita cuci. Bahan kain seperti ini kurang diminatii oleh produsen dan pelanggan kaos distro / clothing. Tapi jangan khawatir, bahan kain ini cocok untuk keperluan promosi, merchandise atau acara perusahaan.

perbedaan-cotton-carded-dan-cotton-combed

Cotton Combed:

Nama Cotton Combed diambil dari nama mesin, yaitu mesin combing. Mesin combing sendiri berfungsi untuk membuang serat  pendek dari kapas yang masih tersisa pada proses mesin sebelumnya (mesin carding). Hasil kain yang telah melewati proses combing akan menjadi lebih lembut dan halus dibandingkan dengan yang tidak melewatinya (cotton carded). Hal ini dikarenakan kain telah melalui proses washing dengan baik.

Cotton combed sangat diminati oleh pelanggan kaos distro / clothing karena teksturnya yang halus, lembut serta nyaman dipakai. Cotton combed terbagi menjadi beberapa jenis tergantung gramasinya, seperti: combed 20s, combed 24s, combed 30s dan combed 40s.

Di Rats Vendor sendiri, standard produksi kami selalu menggunakan bahan cotton jenis combed dengan gramasi 20s, 24s dan 30s agar konsumen selalu merasa nyaman saat memakai kaos yang diproduksi di workshop kami.

Ditunggu orderannya ya gan.. 🙂

Iklan