Aneka Variasi Sablon

Hai agan-agan..

Agan-agan pasti tahu dong sablon itu banyak aneka variasinya. Tapi apa saja sih gan variasi2 sablon itu? Ada yang sudah familiar pastinya tapi ada yang belum tahu. Nah di bawah ini Rats Vendor coba sedikit jelaskan jenis dan variasi sablon yang umum digunakan di Indonesia..

Aneka Variasi Sablon

  1. Sablon Rubber

Sablon rubber atau sering kita kenal dengan sablon karet adalah jenis sablon yang paling sering digunakan. Sablon ini bisa untuk kaos berwarna gelap maupun terang karena sifatnya yang menumpang dan menutupi rajutan kain.

  1. Sablon Pigment

Adalah sablon yang bersifat seperti cat, yang meresap ke dalam kain. Sablon ini hanya bisa digunakan di kaos yang berwarna terang.

  1. Sablon Plastisol

Adalah Cat berbahan dasar minyak, dengan kemampuan istimewa untuk mencetak dot/raster super kecil dengan hasil prima. Tanpa limbah dan sangat irit, namun jenis sablon ini memerlukan peralatan khusus untuk pengeringannya dikarenakan cat plastisol tidak dapat kering dengan sendirinya. Untuk dapat kering dengan baik cat ini memerlukan suhu mencapai  160oC dan membutuhkan peralatan seperti conveyor curing atau flash curing.

  1. Sablon Superwhite

Mirip dengan sablon pigment, tetapi superwhite sedikit lebih tebal. Digunakan untuk bahan kaos gelap dan terang, effect hasil sablonan tidak bisa bright atau tajam, lebih cenderung vintage, sangat diminati oleh pemain-pemain distro.

  1. Sablon GID (Glow In the Dark) / phosphor

Adalah cat dengan bahan fosfor, yang menyala saat kaos berada di tempat gelap.

  1. Sablon Reflektif

Adalah perpaduan cat dengan bahan fluor yang akan menyala jika kaos disinari oleh sumber cahaya.

  1. Sablon Discharge

Adalah cat dengan kemampuan menipiskan / menghilangkan sebagian warna dasar kaos kemudian diisi dengan warna baru sesuai kebutuhan.

  1. Sablon Flocking beludru

Adalah Cat sablon timbul yang dilapisi beludru dengan menggunakan lem khusus.

  1. Sablon Foam atau cat timbul

Adalah cat karet yang akan timbul seperti foam dan lebih timbul dari sablon rubber. Agar mengembang dengan baik cat ini memerlukan pemanasan. Di dunia garment international sablon foam biasa disebut dengan puff print.

  1. Sablon Foil

Jenis sablon yang menggunakan kertas berbahan logam (seperti pada undangan nikah). Biasanya warna silver atau gold.

  1. Sablon Glitter

Jenis sablon dengan menggunkan cat yang dicampur serbuk berwarna metalik.

Nah cukup membantu kan gan? Hehehe.. Demikian yang bisa Rats Vendor jelaskan tentang variasi sablon. Semoga sedikit menambah wawasan agan-agan dalam mengenal aneka variasi sablon dan semoga membantu agan-agan yang mau order di Rats Vendor 😀

Iklan